Claustrophobia adalah perasaan takut pada ruangan tertutup atau ruangan sempit. Kemungkinan penderita takut terjebak dan ketakutan pada ancaman juga bahaya tapi sekalipun mereka takut mereka akan kehilangan kesadaran, namun penderita dalam situasi di mana tidak ada bahaya mereka tetap dalam keadaan takut walaupun tidak pasti realistis ketika di pikirkan. Penderita yang hendak pergi ke luar ruangan sesekali mereka akan beralasan agar dapat menghindari dari ruang tertutup maupun sempit, seperti lift, terowongan, bahkan toilet umum. Adanya beberapa kasus yang membuat penderita claustrophobia yang mengalami kegelisahan apabila berada pada ruangan tertutup, ketika adanya kecemasan parah membuat penderita akan mengalami serangan panik. Biasanya penderita kebanyakan akan kesulitan mengontrol dirinya. Ada teori yang menyatakan bahwa phobia dapat berkembang dari faktor keturunan daripada psikologi. Ada yang menunjukkan phobia terhadap ruangan yang tertutup. Serangan panik kemungkinan hal yang biasa pada penderita phobia tempat tertutup. Penderita bisa mengalami ketakutan juga frustasi, adapula gejala sering muncul tanpa adanya peringatan terlebih dahulu.

READ  Pengertian claustrophobia dan gejalanya

Diagnosis dan tanda-tanda dari claustrophobia sangat mengganggu aktivitas sehingga disarankan untuk berkonsultasi  dengan dokter apa saja penanganan yang akan di lakukan lebih lanjut. Apabila diagnosis dilakukan lebih awal keadaan penderita dapat memberikan penanganan pada keluhan yang dialaminya agar cepat di tindak lanjuti. Diagnosis dari Claustrophobia biasanya  akan dilakukan pemeriksaan yang di tentukan dengan cara wawancara khusus secara detail dan dilakukannya juga  pemeriksaan fisik.

Penanganan pada umumnya yang mengetahui bahwa penderita dapat mengalami keadaan tersebut. Penderita yang memiliki claustrophobia tidak bisa didiagnosis secara langsung akan tetapi dapat di cegah dapat dilihat dari beberapa keluhan yang dialami sehingga dapat menghindari ruangan yang tertutup. Beberapa pemeriksaan yang dilakukam akanterjadi penanganan dari dari dokter profesional dan dapat mengatasi masalah dengan tepat. Phobia pada ruangan tertutup biasanya akan menghasilkan pengalaman masa lalu penderita mengingat semasa anak-anak yang dapat menyebabkan penderita takut pada ruangan kecil dan perasaan panik dan merasa terancam saat berada dalam bahaya. Pada jenisnya pengalaman terdahulu menjadi seperti:

  1. Terjatuh ke dalam kolam renang dan tidak bisa berenang sehingga menjadi terkena ancaman rasa takut. Kemungkinan saat berenang ada peristiwa yang menjadikan situasi panik seperti kram pada kaki lalu terjadinya tenggelam yang mengakibatkan rasa takut pada pikirannya yang selalu negatif thinking dan menjadikan sesuatu hal menjadi ancaman bagi penderita.
  2. Terpisah dengan orangtua maupun kelompok, kemungkinan dalam keadaan ramai penderita tidak bisa menemukan siapapun. Terjadinya perasaan gelisah pada dirinya juga ancaman yang memberikan rasa takut pada dirinya untuk segera memberikan perasaan tertekan yang sangat dan seringkali membuat penderita merasa sedang mengalami kesulitan untuk bersikap juga saat berpergian harus ada yang mengawasi agar tetap merasa terlindungi dari balik ancaman yang mengintai. Ketika adanya perasaan waspada yang berlebih gejala Claustrophobia muncul secara langsung seperti serangan panik. Serangan panik kemungkinan hal yang biasa pada penderita phobia tempat tertutup. Penderita bisa mengalami ketakutan juga frustasi, adapula gejala sering muncul tanpa adanya peringatan terlebih dahulu. Adapun serangan panik yang dapat memberikan penyebab dari gejala fisik, antara lain: berkeringat, nampak gemetar, gejala demam atau kedinginan, rasa sesak napas, denyut jantung beradu cepat, sesak di dada, rasa mual, pusing, pingsan, mati rasa atau kesemutan yang lama, mulut kering bisa dikatakan dehidrasi,  telinga berdengung, dan bingung.
  3. Tersesat atau terjebak dalam terowongan akan menjadi tauma katika sedang sendirian kejadian pada masa lalu merupakan pembelajaran dan kemungkinan berdampak pada penderita lalu dapat mempengaruhi kemampuan dalam hal menghadapi keadaan yang sama. Pada saat akan memikirkan lalu mengkaitkan satu sama lain pada ruangan tertutup maupun sempit akan merasakan keadaan yang bahaya dan gejala Claustrophobia bertambah buruk jika tidak segera di tangani.
READ  Ketahui beberapa hal dari Ilmu kedokteran gigi yang sering kita alami

Referensi

hellosehat.com

klikdokter.com

Referensi gambar:

pakdok.com