Club foot adalah kelainan pada bentuk kaki berupa cacat bawaan lahir. Kaki ini yang biasanya memiliki kelainan terlihat tampak berbeda seperti kaki terkilir dan bentuk tidak normal. Keadaan yang terhubung dari otot kaki sampai ke tulang paha namun lebih pendek dari yang seharusnya. Ini merupakan kelainan yang dialami oleh bayi memberikan masalah tersendiri untuk bayi. Kondisi ini bisa terjadi pada salah satu bahkan bisa kedua kaki. Penderita yang mengalami akan kesulitan dalam berjalan, sehingga dokter akan segera menyarankan untuk mendapat perawatan serta penanganan setelah dilahirkan. Keadaan pada penderita bayi kemungkinan ringan atau  parah. Pada saat pertumbuha dan perkembangan bayi, ketika terjadi sesuatu bayi seakan menjadi perhatian utama bayi kedua orang tuanya. Apabila terjadi komplikasi pada saat kehamilan atau di periksa bayi mengalami cacat lahir walaupun sangat jarang terjadi dan pada umumnya memang tidak ada gejala apapun  yang dapat memberika tanda-tanda yang spesifik. Pada jenis cacat lahir yang biasanya ketika itu pada kelainan akan menyerang jaringan pada otot juga lada tulang kaki bayi.

READ  Penyebab dan cara mengobati coulropobia

Bayi normal tidak akan mengalami cacat kaki tetapi bayi yang memiliki kak tidak normal atau keadaan cacat yang mengarah bawah dan terbalik salah satu arau keduanya. Pada kaki yang terlihat seperti terpelintir memberikan arah jari kaki dapat berlawanan arah dan dapat dialami bayi ketika lahir. Untuk kaki yang mempunyai kelainan sebenarnya memang tidak merasakan sakit akan tetapi ada masalah kesehatan yang mesti diwaspadai sehingga keadaan setelah penanganan berlangsung  bayi yang sudah memiliki perkembangan dan bertumbuh dapat berdiri dan berjalan. Apabila tidak adanya perawatan pada kelainan kaki akan ada konsekuensi yang dipertanggung jawabkan alhasil bayi berkembang tanpa dapat berjalan.

Pada gejalanya Club foot dapat diketahui, antara lain:

  1. Pada bagian punggung kaki terkesan kaki bengkok ke arah bawah
  2. Kaki dapat terputar parah pada telapak menghadap ke atas dan pada bagian punggung bengkok ke bawah sehingga kaki terlihat terbalik.
READ  Diagnosa dan pengobatan club foot

3.Otot pada bagian betis kinerjanya mulai melemah

  1. Biasanya terdapat oada bagian kaki lebih pendek dari sisi satunya sehingga tampak salah satu lebih panjang dan sisi lainnya pendek
  2. Rasa sakit saat berjalan dan mulainya di deteksi pada saat janin dalam kandungan. Kemudian yang terjadinya cacat saat lahir seiring waktu bertambah usianya dan bertambah pula gejala yang ada

Pada saat USG di tahap kehamilan dapat memberikan cara  membantu dokter untuk mendeteksi pada  tanda-tanda cacat saat lahir pada bayi. Adanya Club foot lebih mudah terdiagnosis dan memperoleh data untuk penanganan secara khusus pada saat kelahiran dengan  mengetahui dengan dilihatnya pada bentuk pada kaki bayi. Adanya kaki bayi yang normal fleksibel maupun dapat digerakkan secara normal. Pada bayi yang memiliki cacat dari lahir, kaki bayi akan kaku.

READ  Ketahui beberapa hal dari Ilmu kedokteran gigi yang sering kita alami

Kasus dari sebagian besar, kemungkinan dokter akan meminta pemeriksaan melalui  X-ray (sistem yang digunakan pada waktu dilakukannya pemindaian klise gambar yabg dapat dilihat secara langsung) untuk mengetahui adanya tingkat  keparahan pada Club foot pada bayi akan tetapi umumnya cara ini tidak selalu digunakan.

Penanganan kelainan pada kaki bayi tidak dapat dilakukan sebelum masanya kelahiran. Namun, untuk mengetahui lebih banyak mengenai kelainan kaki akan membutuhkan waktu dengan konsultasi  dengan pemeriksa dari dokter-dokter ahli untuk memberikan penanganan yang lebih baik.

Referensi:

halodoc.com

klikdokter.com

hellosehat.com

Referensi gambar:

mountsignal.org