Coulrofobia adalah keadaan seseorang  yang mengalami rasa takut pada badut. Keadaan ini dialami oleh anak-anak, remaja bahkan orang dewasa pun bisa mengalaminya. Penderita yang mengalami rasa takut akan menggunakan cara untuk menghindari badut. Pada saat terdesak dan merasa takut penderita akan menemukan cara untuk keluar dari kondisi tersebut dan penderita akan merasa terjebak. Penderita yang hendak pergi ke luar ruangan sesekali mereka akan beralasan agar dapat menghindar seperti di tempat umum taman, tempat perbelanjaan dan juga jalanan. Adanya beberapa kasus yang membuat penderita Coulrofobia yang mengalami kegelisahan apabila berada pada ruangan dan ada badut, ketika adanya kecemasan parah membuat penderita akan mengalami serangan panik. Biasanya penderita kebanyakan akan kesulitan mengontrol dirinya.

Ada teori yang menyatakan bahwa phobia dapat berkembang dari faktor lingkungan dan trauma masih kecil. Ada yang menunjukkan phobia terhadap ruangan yang berlabel badut. Serangan panik kemungkinan hal yang biasa pada penderita phobia tempat umum. Penderita bisa mengalami ketakutan juga frustasi, adapula gejala sering muncul tanpa adanya peringatan terlebih dahulu.Penyebab timbul karena adanya pengalaman trauma yang mengakibatkan rasa  takut kembali datang dan ketakutan saat mengingat kejadian yang dialami penderita. Adapula yang di perlihatkan serangkaian tema yang  dituliskan dalam cerita dan diangkat menjadi film atau cerita horor yang diperankan oleh badut sehingga bisa saja terjadi ketakutan saat melihat film yang berkaitan dengan phobianya.

READ  Diagnosa dan pengobatan club foot

Orang yang mengalami phobia badut akan beranggapan bahwa penderita  sedang berhadapan langsung dengan badut ini merupakan masalah bagi penderita jika tidak mampu melawan rasa takutnya, dalam hal ini mentalnya juga diuji dan pengawasan tentu akan dilakukan segera. Penderita kemungkinan akan merasa kesulitan menghadapi  rasa ketakutannya sehingga secara spontan berteriak hingga menangis karena takut sekali.

 

Beberapa orang menganggap bahwa orang yang penderita yang memiliki Coulrofobia, mengganggap tidak masuk akal atau janggal tapi memang jenis phobia cukup beragam dan bisa menyebabkan orang depresi jika tidak bisa melawan rasa takutnya. Adapun gejala  phobia badut, antara lain:

  1. Perasaan takut, gelisah, panik jika mengingat badut. Membayangkan saja tidak sanggup apalagi melihat secara langsung bisa jadi nantinya akan pingsan jika tidak bisa mengendalikan perasaannya
  2. Detak jantung dan napas tidak teratur, karena setiap kali hembusan napas tetap saja perasaan takut tidak hilang begitu saja kemudian jika jantungnya berdegup kemungkinan puncak dari rasa gelisah sudah menjelma menjadi pundi-pundi dari kecemasannya sejak awal
  3. Berkeringat, beberapa gajala dapat terlihat dimanapun saat kita merasakan ketakutan dan kemungkinan saat terdesak adanya rasa gugup yang terus menerus mengakibatkan seseorang perlu berpikir serius sehingga tidak mampu untuk membuat gerakan yang mengecoh. Berkeringat merupakan tanda-tanda utama yang dapat terlihat secara sengaja maupun tidak sengaja karena berkeringat hanya bisa dilakukan secara otomatis.
  4. Emosi tidak terkontrol dan serinya marah apabila ada badut di saat situasinya penderita sedang berada ditempat begitu pula dengan badut. Pertama kali melihat badut sebenarnya badut sangat disukai anak-anak rambut kribo, baju warna-warni, dan topeng dari muka badut itu semua lucu saat memberikan hiburan misalnya main kartu. Semua anak menyukainya tetapi pada film dan buku cerita memang ada yang menceritakan bahwa badut itu jahat memiliki sifat depresi dan bahkan menceritakan kesan horor jadi membuat orang yang melihat menjadi terus waspada hingga mengakibatkan penderita Coulrofobia merasa takut berlebih pada hal-hal yang berhubungan dengan badut tersebut.
READ  KETAHUI ILMU KEDOKTERAN ISLAM

 

Referensi

klikdokter.com

hellosehat.com

Referensi gambar:

supanet.com