Club foot adalah  kecacatan pada bentuk kaki yang di bawanya sejak lahir. Kaki ini umumnya memiliki kelainan terlihat tampak bengkok seperti kaki terkilir dan bentuk tidak normal. Keadaan yang terhubung dari otot kaki sampai ke tulang paha namun lebih pendek dari yang seharusnya. Ini merupakan kelainan yang dialami oleh bayi memberikan masalah tersendiri untuk bayi. Kondisi ini bisa terjadi pada salah satu bahkan bisa kedua kaki. Penderita yang mengalami akan kesulitan dalam berjalan, sehingga dokter akan segera menyarankan untuk mendapat perawatan serta penanganan setelah dilahirkan. Keadaan pada penderita bayi kemungkinan ringan atau  parah.

Pada kaki, persendian, maupun otot-otot bayi masih fleksibel, sehingga penanganan dan pengobatan di minggu pertama setelah kelahirannya akan membantu dalam kondisinya saat ini. Adanya bentuk pengobatan dengan menggunakan terapi untuk memperbaiki bentuk maupun fungsi pada kaki agar anak ketika beranjak dewasa dapat berjalan dengan normal. Adanya terapi yang dapat dilakukan agar segera dilakukannya penanganan setelah kelahiran dapat meningkatkan daya otot segera pulih dan penderita bayi dapat untuk beraktivitas.

READ  Diagnosa dan pengobatan club foot

Adapula perawatannya, antara lain:

  1. Peregangan dan gips

Perawatan secara umum untuk mengatasi Club foot, dokter akan melakukan penanganan, berupa: dokter memindahkan posisi kaki bayi seperti normalnya kemudian menempatkan kaki dengan membuatkan  gips untuk dapat menyangga, memberikan penanganan selama seminggu dalam beberapa bulan, diadakannya pembedaan kecil untuk memanjangkan tendon Achilles, tendon besar di pergelangan kaki, merupakan terakhir dalam metode ini.

  1. Penanganan lebih, meliputi: Latihan untuk peregangan pada bayi, pemakaian sepatu khusus dan brace (penyangga kaki), pastikan bayi memakai sepatu khusus dan brace, membutuhkan waktu selama 3 bulan bahkan sampai 3 tahun. Upaya yang dilakukan penanganan jika benar jika ada kesalahan yakni kemungkinan kesalahan di waktu pemasangan brace.

Faktor dan resiko menyebabkan Club foot, antara lain:

  1. Bayi berjenis kelamin laki-laki, karena tingkat resiko kebanyakan dialami bayi laki-laki daripada bayi perempuan
  2. Faktor keturunan (genetik), apabila sebelumnya pernah mengalami Club foot, resiko lebih banyak dialami sehingga peningkatan pada kehamilan yang selanjutnya akan mengalami club foot. Terjadinya pada riwayat keluarga yang sebelumnya mempunyai kelainan pada kaki yang juga akan menurun ke generasi selanjutnya.
  3. Bawaan lahir
READ  Diagnosis dan penanganan pada penderita claustrophobia

Beberapa kasus yang terjadi pada kondisi kelainan pada kaki dapat menjadi menyertai spina bifida, cacat lahir atau sebutan kelainan bawaan lahir yang dapat berakibat mengancam jiwa. Diperlukannya tindakan medis secara serius untuk segera menangani kelainan ini.

  1. Terkena infeksi, kemungkinan besar adanya pengguanaan narkoba, dan kondisi merokok pada saat hamil akan adanya dampak 2 kali lebih besar terkena kelainan tersebut dibandingkan yang tidak merokok
  2. Cairan ketuban kurang yang dapat merusak keadaan pada janin yang sedang berkembang saat di kandung.

Pada saat pertumbuhan dan perkembangan bayi, ketika terjadi sesuatu bayi seakan menjadi perhatian utama bayi kedua orang tuanya. Apabila terjadi komplikasi pada saat kehamilan atau di periksa bayi mengalami cacat lahir walaupun sangat jarang terjadi dan pada umumnya memang tidak ada gejala apapun  yang dapat memberika tanda-tanda yang spesifik. Pada jenis cacat lahir yang biasanya ketika itu pada kelainan akan menyerang jaringan pada otot juga lada tulang kaki bayi. Bayi normal tidak akan mengalami cacat kaki tetapi bayi yang memiliki kak tidak normal atau keadaan cacat yang mengarah bawah dan terbalik salah satu arau keduanya. Pada kaki yang terlihat seperti terpelintir memberikan arah jari kaki dapat berlawanan arah dan dapat dialami bayi ketika lahir. Untuk kaki yang mempunyai kelainan sebenarnya memang tidak merasakan sakit akan tetapi ada masalah kesehatan yang mesti diwaspadai sehingga keadaan setelah penanganan berlangsung  bayi yang sudah memiliki perkembangan dan bertumbuh dapat berdiri dan berjalan. Apabila tidak adanya perawatan pada kelainan kaki akan ada konsekuensi yang dipertanggung jawabkan alhasil bayi berkembang tanpa dapat berjalan karena Club foot.

READ  Kenali coulrofobia dan penyebabnya

Referensi:

halodoc.com

klikdokter.com

hellosehat.com

Referensi gambar:

healthlink.ca